Posted in Blogger, Sekolah

Blogger Pemula dan Siswa Baru RSBI di SMPN 1 Wates

img-damasjano

Aku adalah baru pemula dalam taraf belajar jadi Blogger alias ngeblog, yach mulai dulu dari buka akun email si amplop merah Gmail, hasilnya adalah damasjano@gmail.com. Karena untuk punya Blog atau lengkapnya disebut Webblog, syarat pertama harus punya akun email. Pertama yang aku pikirkan, kira-kira apa ya yang harus aku pilih, Blogger – Blogspot atau WordPress ?

Untuk tahap pertama, maka aku pilih Blogger dengan subdomain Blogspot di blog ini damas be smart, alasannya karena blogger.com termasuk grupnya Google incorp. Yach sekalian biar mudah dan bisa lekas nongol di mesin pencari alamat google search engine, tentu saja harus sabar dan rajin buat posting. Kata si ahli minimal harus 10 posting yang sudah di-publish seperti saran pak Joko Susilo yang lebih dikenal sebagai Mas Joko (Semarang) sebagai web owner dalam situs yang dikelolanya di http://www.jokosusilo.com/, aku rajin mengunjunginya. Banyak tips dan trik yang aku petik.

Tahap kedua, aku coba belajar sambil praktik dengan metode learning by doing dengan WordPress, hasilnya meski masih sederhana seperti yang anda kunjungi dan baca sekarang dengan nama Damasjano dengan tagline “Belajar Cerdas, Pengetahuan Bernas”, Smart Study, Knowledge Growth to Elevate.

img-damasjano

Maka setapak demi setapak, aku tetap belajar pada jalur offline lalu sambil praktik pada jalur online, belajar sambil praktik – learning by doing, yach coba dan coba lagi yang kadang trial and error juga, maklum aku masih hijau. Aku sedikit demi sedikit, dibimbing juga oleh ayah – ketika pulang cuti (tugas di Waikabubak, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur) – maupun saling komunikasi by handphone atau by email. OK, pengalamanku so pasti akan ku posting di blog ini. Dan juga tunggu ya, aku sedang persiapkan blog keduaku di WordPress atau Blogdetik.

Sebagai siswa baru di jenjang pendidikan menengah, tepatnya di SMP Negeri 1 Wates, aku terdaftar di klas 7 F dalam kepesertaan sebagai siswa pada Program Rintisan Sekolah Berstandar Internasional – RSBI, yang bagiku masih baru dan harus banyak menyesuaikan diri pada program tersebut. Kemandirian, kreatifitas, imaginasi dan dinamika personal dalam semangat kebersamaan sosial tentu sangat dituntut dalam kesadaran penuh sebagai siswa RSBI, karena ketika ortu diwawancara panitia penerimaan siswa baru SMPN 1 Wates, berjanji akan memenuhi sarana personal berupa Notebook atau laptop dan sarana penunjang belajar lainnya.

Sekarang ortu sudah memenuhi janjinya dengan membelikan laptop, merek Toshiba: type Satelite L510-S413 PSLF2L-027009, dengan spesifikasi teknis: Core 2 Duo Processor T6600 (2.2 GHz, 2MB L2C, 800 MHz FSB), Operating System (OS) Windows Vista Home Basic, 2 GB DDR3, 320 GB SATA, DVD Super Multi (Dual) 14.1” WXGA TFT CSV, Intel GMA 4500M (up to 268 MB of share memory), WiFi 802.11b/g, Bluetooth, Webcam 0.3 MP, Card Reader, beratnya 2.35 kg, warna Glossy Black, dan tentu saja dapat garansi resmi dong dari Vendor via Computa Yogyakarta di jalan Cik Di Tiro. OS-nya asli tenan lho – bukan bajakan, lebih-lebih harganya paket mahasiswa/pelajar yang langsung direkomendasikan Microsoft Indonesia. Jadi sangat nyaman ketika koneksi dan akses internet.

Sebagai siswa baru di SMPN 1 Wates, aku tentu saja harus berusaha mandiri dalam menggali dan mencari bahan-bahan ajar guna kelancaran proses belajar aku dalam program RSBI. Salah satunya, aku harus rajin koneksi internet dalam akses browsing, surfing, aktif berkunjung ke situs-situs edukasi yang direkomendasikan bapak dan ibu guru, terutama bahan ajar Buku Sekolah Elektronik – BSE SMP/MTs kelas 7.

Seperti, di BSE Depdiknas; Indonesia Virtual Company – IrViCom; Portal Pendidikan Si Cerdik – Situs Cerdas dan Mendidik yang memberikan pengetahuan dan pengertian kepada masyarakat luas mengenai konsep cyber school dan manfaatnya bagi dunia pendidikan.; Badan Standar Nasional Pendidikan – BSNP; Jardiknas – Jaringan Pendidikan Nasional; BSE; e-dukasi; PSB – Pusat Sumber Belajar, dan situs lainnya yang recommended.

Pengalaman dan hikmat kebijaksanaan (hikmah) yang aku peroleh, nantinya akan kujadikan bahan posting di blog ini demi asas manfaat dan kemaslahatan bagi banyak orang, khususnya sesama siswa insan pendidikan dalam seluruh jenjang pendidikan.

Penulis:

Seorang anak kelahiran Papua, dengan impian dan harapan, membanggakan Indonesia di dunia internasional. Asal dari kota pelajar, Yogyakarta. Umur 18 tahun (2016). Happy reading and enjoy it!

One thought on “Blogger Pemula dan Siswa Baru RSBI di SMPN 1 Wates

Tinggalkan Balasan

