Posted in BizNet Networks, BSE, Internet, Life Style, MetroTV

Pentingnya Broadband Internet

by Damasjano

img ©2010 metrotvnews

Tak sengaja aku sedang nonton acara di MetroTV pada edisi tayang Sabtu 24 Juli 2010 pukul 14:30-15:00 WIB, telah menayangkan acara ”Pentingnya Broadband Internet” di bawah Program Acara LifeStyle dipersembahkan oleh BizNet bersama MetroTV. Video Streaming-nya dapat disaksikan dari Damasjanodi siniAku begitu tertarik pada acara E-LifeStyle tersebut ketika host MetroTV mewawancara dengan narasumber pak Adi Kusma Presiden Direktur BizNet  Networks dan pak Endra Leonardy sebagai VP Marketing BizNet Networks.

Masalah broadband berkait erat dengan soal kemampuan dan kecapatan akses internet yan lebih jauh memudahkan kita memperoleh aneka informasi dan telekomunikasi yang kita butuhkan. Menurut pak Adi Kusma, broadband internet sudah menjadi kebutuhan mendesak yang dapat mendukung kebutuhan IT di berbagai sektor pembangunan. Misalnya, pemerintahan, kesehatan, sosial dan ekonomi, bisnis, pendidikan dan sektor lainnya. Broadband merupakan sarana jaringan sebagai media koneksi internet yang berbasis fibre optic – serat optik yang berkemampuan cepat dan handal. Maka, perlu ditunjang dengan niat baik pemerintah dalam regulasi dan kebijakan pembangunan, khususnya pembangunan infrastruktur jaringan serat optik, sehingga tujuan akses internet kecepatan tinggi dapat sesuai harapan.

Pak Adi Kusma dan Endra Leonardy mencontohkan, banyaknya area hotspot di tempat-tempat publik, sehingga memudahkan layanan kebutuhan akses dan koneksi internet yang lebih murah, meskipun masih kalah murah dibanding negara-negara lain, seperti Amerika Serikat dan Singapura.

Pada bagian lain disebutkan adanya kenyataan sekarang bahwa banyak para pengguna internet yang menjalankan bisnisnya tidak manual face to face lagi, malainkan sudah yang berjualan secara online di internet.

Di sektor pendidikan, yang aku ketahui   bahwa Depdiknas melalui Pusat Teknologi Komunikas – Pustekkom sudah memperkenalkan Cyber School dalam proses belajar-mengajar di sekolah berbasis e-learning, seperti dapat kita akses di situs Sii Cerdik – Cerdas dan Mendidik. Aku teringat pula ketika Masa Orientasi Sekolah di RSBI SMPN 1 Wates, pak guru menjelaskan bahwa bahan-bahan ajar Buku Sekolah Elektronik – BSE kelas 7 SMP/MTs berjumlah 25 buku di samping diterima manual handout manual, juga dapat diakses via koneksi internet yang dokumennya berformat PDF dengan syarat komputer kita harus di-instal Adobe Reader minimal versi 8. Maka aku praktikan ketika akses internet, aku kunjungi situs Depdiknas tentang BSE, dan aku sempat kunjungi situs Indonesia Virtual Company – InVirCom.

Kalau mengunduh – download file di BSE Depdiknas agak lama, namun di InVirCom file BSE sudah dikompresi dengan file FileZip, namun untuk membuka di komputer kita harus diekstrak dulu dengan WinZip WinRar  atau FileZip. Aku belum sempat download semuanya, karena aku punya persoalan koneksi dan kecepatan download-nya masih payah. Tapi, aku tetap sabar lho – nanti khan semuanya dapat diunduh. Dan, jangan khawatir, nanti akan aku siapkan di blog Damasjano ini pada halaman BSE atau Download, karena baru dalam kerangka sinkronisasi permalink.

Penulis:

Seorang anak kelahiran Papua, dengan impian dan harapan, membanggakan Indonesia di dunia internasional. Asal dari kota pelajar, Yogyakarta. Umur 18 tahun (2016). Happy reading and enjoy it!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s