Posted in Britannica, Ensiklopedia, Lentera Abadi, panduan studi

Ensiklopedia Sejarah dan Budaya, Suatu Catatanku

by Damasjano, edited by Albert Usada

Ensiklopedia Sejarah dan Budaya, Suatu Catatanku

Aku dan ayah kadang menjadi teman diskusi dan tanya-jawab tentang suatu hal pengetahuan yang harus aku ketahui. Aku sangat senang materi pelajaran Sejarah. Kata orang bijak, sejarah adalah ilmu tentang masa lalu, yang kemudian secara sistematis dipelajari, diteliti sejauh mana sebagai fakta atau kenyataan yang pernah terjadi atas berbagai peristiwa, kejadian, keadaan dan kondisi kehidupan pada suatu waktu, yang bagi kita sekarang yang hidup di masa kini dapat membuat hubungan atau korelasi satu sama lain, sehingga dapat dipetik pelajaran berharga dan hidup kita semakin bermakna.

Kata ayah yang mengutip pesan Bung Karno sebagai bapak bangsa Indonesia atau the founding fathers, bahwa kita jangan sekali-kali melupakan sejarah atau dikenal sebutan Jas Merah. Ayah mengambilkan sebuah dari rak buku koleksinya, Ensiklopedia Sejarah dan Budaya terbitan Lentera Abadi yang dibelinya ketika itu secara angsuran di kota Parepare Sulawesi Selatan.

Berikut catatanku yang telah disunting oleh ayahku, tentang bagaimana membuat review sederhana (karena aku masih tahap belajar membuat catatan atau komentar secukupnya terhadap Ensiklopedia Sejarah dan Budaya, yang sekarang edisi bahasa Indonesia  yang terbaru, terlengkap telah diterbitkan tahun 2009 yang hak ciptanya milik Penerbit Lentera Abadi, PT Lentera Abadi Jakarta :

Ensiklopedia Sejarah dan Budaya,  diawali dengan peringatan dari Penerbit tentang Sanksi pelanggaran hukum – Pasal 72 Undang-undang Nomor 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta, kemudian disusul halaman judul, identifikasi dan verifikasi nomor penerbitan buku ensiklopedia itu, lalu Sambutan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI – Ir. Jero Wacik, S.E. (Jakarta, Januari 200), dan Pengantar dari  Tim Penyusun yaitu Om Nino Oktorino dan kawan-kawan.

Ensiklopedia Sejarah dan Budaya dengan kode produk ESB,  terbagi atas 8 (delapan) jilid topik pokok bahasan, yaitu lima jilid untuk Sejarah dan Budaya Dunia (jilid 1-5) dari zaman prasejarah (dunia Purba), dan perkembangan abad-abad selanjutnya (awal dan abad pertengahan) – dunia klasik), zaman pencerahan-renaisans,  zaman kolonial hingga  revolusi atas  penjajahan, dan tuntutan kemerdekaan bangsa-bangsa,  perang dunia dan perang kemerdekaan, hingga zaman modern masa kini. Lima jilid tersebut merupakan hasil terjemahan dari buku best seller dunia berjudul the Kingfisher History Encyclopedia, yang telah diterjemahkan ke  dalam puluhan bahasa di dunia.

Pada buku jilid 6-8 atau sebanyak tiga jilid, khusus untuk Sejarah  Nasional Indonesia dalam kategori sebagai Muatan Lokal, sebagai bagian suplemen ensiklopedia edisi bahasa Indonesia. Dimulai dari judul, Kepulauan Nusantara Awal (jilid 6) yaitu bagaimana kehidupan nenek moyang Indonesia dari jaman prasejarah, kebangkitan dan keruntuhan kerajaan-kerajaan Hindu-Budha hingga perkembangan awal kerajaan-kerajaan Islam sebelum kedatangan bangsa-bangsa Barat (Portugis, Belanda, Inggris) di kawasan Nusantara.

Pada Jilid 7, berjudul Di Bawah kolonialisme Barat, yang memberikan gambatran bagaimana kehidupan bangsa Indonesia ketika itu di bawah cengkeraman penjajahan bangsa-bangsa  Barat serta bagaimana situasi kehidupan dan perjuangan awal leluhur kita untuk membebaskan diri dari cengkeraman bangsa penjajah. Misalnya, apa dan bagaimana Politik Etis (politik balas budi) itu bermula ? Siapa itu C. Th. van Deventer?, ketika ia menulis artikel Een Eeresshuld (1899) atau Utang Budi dalam majalah de Gids, maupun bagaimana Sistem Tanam Paksa dan Liberalisasi Perekonomian diterapkan oleh Belanda sebagai negara penjajah, sementara kondisi perekonomian Belanda ketika itu mengalami krisis hebat. Bagaimana pula Ratu Wilhelmina (Belanda, 1901) menerapkan Politik Etis berdasarkan Trilogi saran (irigasi, transmigrasi, dan pendidikan) dari van Deventer kepada sang ratu?

Kosa kata “Indonesia Raya” adalah menjadi judul pada Jilid 8, yang memberikan gambaran bagaimana kehidupan bangsa Indonesia di awal zaman pendudukan Dai Nippon atau Jepang, zaman proklamasi kemerdekaan RI, dan perjuangan mempertahankan dan mengisi kemerdekaan pasca 17 Agustus 1945 hingga zaman sekarang.

©2009 Penerbit Lentera Abadi, PT Lentera Abadi, Jakarta

Spesifikasi : ukuran kertas 21,5×29cm, hardcover, >800-an halaman, ribuan gambar dan ilustrasi subjek, multiwarna. Berat Kemasan : 5 kg/set

Penulis:

Seorang anak kelahiran Papua, dengan impian dan harapan, membanggakan Indonesia di dunia internasional. Asal dari kota pelajar, Yogyakarta. Umur 18 tahun (2016). Happy reading and enjoy it!

One thought on “Ensiklopedia Sejarah dan Budaya, Suatu Catatanku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s